Jumat, 21 Maret 2014


PROSES PEMBELAJARAN MENURUT TEORI VYGOTSKY
Lev Vygotsky lahir tanggal 5 November 1896 – 11 Juni, 1934) adalah seorang psikolog asal Rusia yang dikenal atas kontribusinya dalam teori perkembangan anak. Salah satu hasil kerjanya yang dikenal di bidang psikologi anak adalah merumuskan konsep zone of proximal development dan scaffholding.
Setelah kita tau bagaiman profil dari vygotsky kemudian saya akan menjelaskan tentang teorinya yaitu dalam hal proses belajar yang paling terkenal dari teori belajar Vygotsky adalah zone of proximal development dan scaffolding

Zone Of Proximal Development
Saya akan menjelaskan tentang zone of proximal . zone of proximal adalah zona antara tingkat perkembangan aktual dan tingkat perkembangan potensial. Tingkat perkembangan aktual tampak dari kemampuan anak menyelesaikan tugas-tugas secara mandiri. Sedangkan tingkat perkembangan potensial tampak dari kemampuan anak menyelesaikan tugas atau memecahkan masalah dengan bantuan orang dewasa. Dalam tahap ini anak belajar dengan bantuan orang tua. Agar tahap pembelajaran lebih optimal.

Untuk memudahkan pemahaman diatas saya akan memberikan contoh dalam kehidupan saya.saya dulu tidak pandai memasak,saya kurang paham nama-nama bumbu di dapur.karena menurut saya terlalu banyak.tetapi mama saya mulai mengajarkan saya memasak.karena katanya sebagai perempuan kita harus bisa memasak.dalam waktu senggang saya suka ikut di dapur.mama saya mulai memberitau nama-nama bumbu dapur.lama-lama saya jadi tau ;)
Saya mulai hafal bentuknya dan apa itu namanya.kemudian setelah saya tau mama saya mulai mengajarkan saya cara memasak. Pertama kali saya paling inget saya memasak nasi goreng.saya masih di tuntun oleh mama… dan rasanya enak.saya pun semakin bersemangat untuk terus belajar masak.




Scaffolding
Bagaimana dengan scaffolding? Scaffolding dapat diartikan, memberikan sejumlah bantuan dalam tahap awal pembelajaran, setelah itu baru melepaskan anak untuk punya tanggung jawab sendiri dalam proses belajarnya, setelah ia menguasai bahan yang dipelajari.
Jika menggunakan contoh di atas yaitu mama saya
Adalah peran penting dalam saya belajar memasak.lalu saya mencoba memasak sendiri tanpa bantuan mama saya.dan ternyata hasilnya gagal.rasa masakan yang saya buat tidak se enak waktu saya memasak dengan bantuan mama saya.kemudian dari kegagalan itu tidak membuat saya putus asa.saya terus mencoba berulang kali.dan belajar dari kesalahan yang saya perbuat.setelah saya mencoba terus akhirnya masakan saya sudah se enak masakan mama saya.



Begitulah penjelasan saya tentang pembelajaran ini. Semoga dapat bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar